Monday, November 2, 2015

Herbal Pembersih Paru-paru oleh fatimahtuz zahra

Herbal Pembersih Paru-paru
Musibah kebakaran di tanah air membuat banyak dampak negatif, termasuk dampak kesehatan pada paru-paru kita. Asapnya tak hanya memerihkan mata, tapi juga menyesakkan nafas.
Partikel berbahaya dalam asap akan merusak pertahanan alami disaluran pernapasan. Perlu di ketahui, dalam saluran napas ada sistem kompleks yang tugasnya menyapu kotoran, debu, atau kuman. Nah, asap ini akan merusak silia dalam saluran napas sehingga sistem pertahanan tubuh disaluran napas turun. Jika dalam jangka waktu pendeknya saja bisa memerihkan mata dan membuat kita sesak nafas, maka dalam jangka panjang, rusaknya pusat pertahanan alami saluran napas ini akan mempermudah masuknya kuman. Akibatnya daya tahan tubuh lebih lemah, kalau ada kuman yang berbahaya seperti kuman TBC yang tadinya bisa dilemahkan menjadi mudah masuk.
Tak terbayangkan jika paparan kabut asap berlangsung selama berminggu-minggu, maka itu bisa menurunkan fungsi paru. Efeknya adalah bisa menyebabkan batuk kronis, penyempitan saluran napas, bahkan bisa memicu asma pada orang yang sebelumnya tidak punya riwayat. Rasanya sedih juga mendengar musibah bencana Asap di daerah-daerah yang mengalami kebakaran hutan, tua muda jadi korban.
Kali ini, saya hendak membagi tips herbal pencuci paru-paru, yang bisa juga menjaga daya tahan kesehatan paru-paru yang terkena masuknya asap, yaitu ramuan jus nenas dan rumput patikan kebo. Nenas mengandung asam aspartic. Asam ini berfungsi untuk mengeluarkan asam amonia yang merupakan racun dalam tubuh, di samping itu nenas kandungan vitamin C nya tinggi berguna menambah imunitas tubuh. Namun efek sampingnya adalah tidak baik bagi penderita diabetes, maka untuk penderita diabetes, maka sebaiknya gunakan bagian tengahnya saja. Sedangkan rumput patikan kebo mempunyai sifat antiinflamasi (anti radang), diuretic (peluruh kencing) dan anti pruritic (menghilangkan gatal). Beberapa penyakit paru-paru seperti brokhitis dan pnemonia jaman dahulu di obati dengan patikan kebo ini dengan cara meremas-remas daunnya dan di campur air, di ambil sarinya. Getahnya pun bisa mengobati mata merah yang disebabkan iritasi akibat asap dan kemasukan serbuk sari yang menyebabkan gatal pada mata.
Nah.. inilah Resep Herbal Pembersih Paru-paru
50 gr daun patikan kebo ( dalam keadaan segar)
50 gr nenas ( penderita diabetes cukup ambil bagian tengahnya saja)
Gula merah sedikit.
Semua bahan di blender dengan setengah gelas air matang, dan diminum langsung segera, jangan biarkan melebihi 1 jam karena nenas akan mudah membusuk. Untuk yang terkena kontak Asap dalam waktu lama, usahakan rutin minum jus ini sehari sekali, dan untuk menjaga kesehatan paru-paru, boleh di sesuaikan dengan keadaan anda, bisa seminggu sekali bergantung kebutuhan. Jus ini bagus juga buat perokok aktif, dan baik di minum bagi perokok pasif untuk menjaga kesehatan paru-paru.
Semoga bermamfaat saya halalkan, bagi yang ingin share.

* Dari segi bahasa saya agak kurang faham..Mungkin boleh diterjemahkan kepada bahasa melayu.Artikel berbahasa indonesia.tapi saya amat baik untuk dikongsi.

No comments: